Friday 6 February 2015

FACEBOOK BISA MENCEGAH BUNUH DIRI, KOK BISA?

FACEBOOK BISA MENCEGAH BUNUH DIRI, KOK BISA?. Nih sob, ada info baru. pasti Anda tau Facebook kan? jejaring sosial paling populer itu, kini telah merilis fitur baru untuk mencegah seseorang bunuh diri. Dikutip dari Kompas.com, lebih tepatnya fitur ini membantu pengguna yang khawatir atas kondisi teman, keluarga, dan kerabat yang dianggap berpotensi akan mengakhiri hidup/bunuh diri.

FACEBOOK BISA MENCEGAH BUNUH DIRI, KOK BISA?
facebook bisa mencegah bunuh diri, kok bisa?

Biasanya, teman dan keluarga dapat mengetahui tingkah laku seseorang yang akan mencoba bunuh diri, namun mereka tidak tahu harus berbuat apa,” kata content strategist Facebook, Holly Hetherington, sebagaimana dikutip Kompas Tekno, (27/2/2015).

Disinilah peran Facebook membantu pihak-pihak yang peduli dengan kondisi kerabatnya. Mungkin sekarang anda bertanya-tanya bagaimana mekanisme fitur terbaru ini bekerja?

Dijaman serba modern ini, ikatan manusia dengan internet sudah terbilang kuat. Beberapa tipe manusia bahkan lebih sering bersosial dengan kerabat atau keluarga memalui internet, sampai-sampai curhat pun di internet, misalnya melalui jejaring sosial Facebook.

Maka dari itu, jika ada teman atau keluarga yang meluapkan perasaan-perasaan ‘galau’nya di Facebook hingga mengarah ke pikiran untuk melakukan bunuh diri, agar dapat melaporkan unggahan unggahan tersebut ke tim Facebook melalui fitur pencegahan bunuh diri . Akan ada tim khusus yang bekerja 24 jam untuk mengkaji laporan-laporan yang masuk. Lalu, tim tersebut yang akan membantu dengan pendekatan psikologi,

facebooksuicideNah, fitur ini akan mulai bekerja saat akun pengguna yang berniat untuk melekukan bunuh diri masuk atau log-in kembali ke Facebook, pesan pop-up khusus akan tertera dilayar perangkatnya. Pengguna dapat memilih untuk curhat kepada seseorang atau memilih untuk diberi tips agar permasalahan yang dihadapinya akan segera mereda.

Bagi yang melapor juga akan dituntun untuk menghubungi pengguna yang akan berniat untuk bunuh diri, menghimpun dukungan dari pengguna-pengguna lain, atau konsultasi pada pakar psikolog. Bagaimanapun ada kemungkinan peningkatan stres bagi pengguna yang mengetahui bahwa kerabatnya akan melakukan bunuh diri. Untuk meningkatkan kinerja dari fitur ini, Facebook bekerjasama dengan oraganisasi-organisasi kesehatan mental antara lain Forefront, Now Matters Now, The National Suicide Prevention Lifeline, dan lain-lain.

Ini yang bikin kurang menyenangkan, fitur canggih ini hanya baru bisa digunakan di Amerika Serikat, tapi tim Facebook masih terus mengembangkan fitur yang cocok untuk pengguna diluar Amerika.

Semoga saja fitur ini dapat mengurangi jumlah kasus bunuh diri di dunia, mengingat laporan WHO pada akhir tahun lalu menyebutkan lebih dari 800.000 orang yang meninggal karena bunuh diri tiap tahunnya.

Sekian sedikit informasi teknologi tentang facebook bisa mencegah bunuh diri, kok bisa? semoga bermanfaat untuk kita semua, Terimakasih telah membaca. Tunggu posting berikutnya ya.
 
Copyright © . Ali Ghozali - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger